UNPAB Teken MoU Dengan SRM University India

UNPAB-Medan; : Sebanyak 35 perguruan tinggi swasta (PTS) se Sumut dan 15 perguruan tinggi dari India mengadakan diskusi dan perkenalan dalam ajang India-Indonesia Higher Education Forum, Senin (5/2).

Rektor Universitas Pembangunan panca Budi (UNPAB) Medan bersama salah satu pimpinan SRM University dari India memperlihatkan naskah kerjasama usai penandatangan MoU disaksikan Ketua Yayasan Sari Mutiara Parlindungan Purba dan Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto.

Kegiatan digelar Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia di Ignatius Washington Purba Hall kampus itu Jalan Kapten Muslim Medan. Dalam forum diskusi tersebut, sejumlah pimpinan dari PTS Sumut hadir, begitu juga perguruan tinggi India.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Sumut Bahdin Nur Tanjung, Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto, Ketua Yayasan Sari Mutiara Parlindungan Purba, Rektor USM Indonesia Dr Ivan Elisabeth Purba MKes.

Parlindungan menyebutkan, diskusi itu bukan membahas ilmu kesehatan saja, tapi universitas yang ada di Sumut. Sedangkan Ketua APTISI Sumut Bahdin Nur Tanjung mengatakan, pertemuan untuk kerja sama PTS dan India sudah terwujud.

“Jadi dalam diskusi nanti sudah bisa diambil langkah apa yang diambil. Misalkan pertukaran dosen dan lainnya. Semakin dekat dan akrab, tidak diwujudkan dengan kertas, tapi nyata,” sebutnya.

Bahdin juga menuturkan, India merupakan salah satu negara maju di Eropa dan negara lain terutama teknologinya. Karena itu dia meminta para pimpinan perguruan tinggi memanfaatkan diskusi dan kerja sama tersebut dengan sebaik-baiknya untuk memajukan PTS di Sumut.

Sementara Ketua Delegasi India Ravi Makhija menjelaskan, kedatangan mereka selain memperkenalkan perguruan tinggi di India juga India-Indonesia Higher Education Forum. “Diskusi hari ini bisa kita ambil, tidak menunggu tahun depan,” ujarnya.

Sedangkan presentase (pemaparan) tentang PTS Sumut disampaikan Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto. Begitu juga presentase dari salah satu perwakilan perguruan tinggi di India oleh Prof Vishal Verma dari Delhi Technological University. Sesi presentase dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dibagi tiga kelompok dan MoU PTS Sumut dengan PT India.

Kegiatan ini membawa PTS Indonesia khususnya Sumut untuk mengarah kepada globalisasi dan internasionalisasi. Bagi Sari Mutiara, kata Ivan, pertemuan ini merupakan bagian dari core values (nilai-nilai dasar), yang salah satunya adalah globalisasi.

BPSI Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *