Ini Dia Fitur Andalan iPhone X

Bersamaan dengan iPhone 8 dan 8 Plus, Apple hari ini mengumumkan iPhone X (dibaca “ten” bukan “ex”). iPhone baru yang futuristik tersebut merupakan perombangan desain terbesar iPhone semenjak peluncuran perdananya sepuluh tahun lalu dengan edge-to-edge display dan layar OLED “super retina” tipe baru.

iPhone X diapit oleh kaca pada sisi depan dan belakang, yang mana seperti iPhone 8, mendukung pengisian nirkabel Q. Terdapat stainless steel berkualitas tinggi pada seluruh pinggiran smartphone tersebut. Seperti iPhone 8, ia juga bersetifikasi tahan air dan debu IP67, tetapi hanya tersedia dalam dua warna: Space Gray dan Silver – anehnya, tidak ada pilihan warna emas, atau setidaknya untuk saat ini.

iPhone X memiliki layar OLED 5,8 inci dengan resolusi 2.436 x 1.125 piksel (~458 ppi) yang menjadikannya iPhone beresolusi layar tertinggi. Ini juga merupakan layar OLED pertama pada iPhone, yang mana Senior VP, Phil Schiller, berkata bahwa “iPhone X mengusung OLED pertama yang cukup luar biasa untuk menjadi sebuah iPhone.” Seperti iPhone 8, iPhone X juga mengusung teknologi layar True Tone.

Edge-to-edge display berarti Apple telah menanggalkan tombol Home untuk pertama kali pada iPhone. Untuk membuka ponsel tersebut, cukup usap dari bawah ke atas.

Tanpa tombol Home, iPhone X juga meninggalkan sensor sidik jari Touch ID – dengan demikian, Anda dapat menggunakan pengenalan wajah yang disebut Apple sebagai Face ID. Meski teknologi ini ada di ponsel lain, seperti Samsung Galaxy Note8, versi Apple tampaknya jauh lebih mutakhir, menggunakan sejumlah sesnor yang ada di atas layar, termasuk sensor IR dan Flood Illuminator yang menyorotkan cahaya ke wajah untuk membantu akses meski dalam gelap. Apple juga menghadirkan neural engine khusus – berdasarkan desain chip kustom dua inti – untuk memroses pengenalan wajah secara realtime.

Menurut Apple, Face ID jauh lebih aman ketimbang Touch ID, dengan 1/1.000.000 kemungkinan orang lain dapat membuka ponsel menggunakan Face ID. Sebagai perbandingan, Touch ID hanya memiliki 1/50.000 kemungkinan. Anda dapat menggunakan Face ID dengan Apple Pay dan aplikasi pihak ketiga yang telah mendukung Touch ID.

Seperti iPhone 8 Plus, iPhone X memiliki kamera belakang ganda 12 megapiksel, namun berbeda dengan 8 Plus, kamera tersebut tertata secara vertikal dan kedua kamera tersebut dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization). Di antara kedua kamera tersebut ada flash empat LED True Tone yang diduka memiliki keseragaman cahaya dua kali lipat.

Simak apa yang disajikan efek Portrait Lighting pada smartphone baru ini:

Prosesor A11 Bionic yang dikenalkan bersama iPhone 8 juga ada di iPhone X. Chip enam inti tersebut memiliki dua inti performa yang 25 persen lebih cepat ketimbang A10, dan empat inti performa yang menurut Apple lebih cepat 70 persen dibandingkan dengan prosesor sebelumnya. Ada pula GPU baru buatan Apple yang lebih cepat 30 persen, dengan performa yang sama seperti A10 pada daya setengahnya.

iPhone X akan tersedia dalam dua kapasitas: 64 GB (sekitar Rp 16 juta) dan 256 GB (sekitar 18 juta). Jangan lupa bahwa harga tersebut akan lebih mahal ketika Anda menambahkan opsi Apple Care.

Pre-order mulai 27 Oktober, dengan target smartphone tersebut mulai ada di ritel pada 3 November.

Original Article

Facebook Comments